Simak 3 Investasi Jangka Pendek Menguntungkan


Saat ini melakukan investasi menjadi sebuah hal yang penting, mulai anak muda hingga dewasa. Secara umum, investasi terbagi menjadi 3 jenis dalam periode waktu, yakni investasi jangka pendek, investasi jangka menengah dan investasi jangka panjang. 

Investasi jangka panjang biasanya memiliki batas waktu 10 tahun, sedangkan jangka menengah biasanya dalam rentang waktu 1 – 5 tahun, dan investasi jangka pendek dilakukan dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun. 

Nah, kalau pilihannya jangka pendek, lalu investasi apa sih yang terbilang menguntungkan? 

  1. Reksa Dana 

Reksa Dana sebagai salah satu investasi jangka pendek yang likuid dan praktis. Cara pengelolaan reksa dana pun  juga terbilang simpel karena dapat dilakukan sendiri oleh para investor. Reksa dana juga memiliki berbagai macam jenis, di antaranya reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang. Tentunya setiap jenis memiliki fluktuasi pergerakan harga serta risiko yang ditanggung juga berbeda-beda. 

  1. Deposito 

Deposito merupakan salah satu produk atau instrumen investasi yang dimiliki oleh suatu perbankan. Instrumen investasi ini berguna untuk menyimpan dana dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan beberapa ketentuan yang berlaku. jangka waktu yang ditentukan biasanya 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Perlu diperhatikan, jika mencairkan dana deposito sebelum tanggal jatuh tempo yang disepakati maka akan terkena penalti dan denda yang dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang sebelumnya telah disepakati. 

  1. Peer-to-Peer (P2P) Lending. 

Peer-to-Peer (P2P) Lending dikategorikan sebagai jenis investasi jangka pendek yang masih terbilang baru, namun salah satu jenis investasi ini sudah mulai populer dan mulai banyak diminati oleh masyarakat di berbagai kalangan. Jenis investasi memiliki risiko yang besar bagi pihak investor, karena investasi ini tidak langsung dinaungi oleh lembaga keuangan resmi milik pemerintah. namun dengan besaran imbalan yang cukup tinggi justru bisa menjadi pertimbangan para investor. Rata – rata P2P Lending ini bisa memberikan keuntungan hingga lebih besar 15%. 

copyright © cekfintech.id 2024