Aplikasi Transfer Dana Terdaftar di OJK dan BI


Sejak tanggal 1 Juni 2021, dikenakan biaya admin untuk tarik tunai dan transfer antar bank. Besaran biaya ini bagi masyarakat yang sering melakukan transaksi perbankan cukup mengganggu.  Untuk itu, kehadiran beberapa aplikasi transfer dana yang menawarkan transfer antar bank tanpa biaya admin menjadi solusi menarik. 

Ada beberapa aplikasi yang secara resmi sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia dan OJK, yaitu :

1. Flip 

Flip adalah aplikasi transfer bank gratis yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Flip memberikan keuntungan bebas biaya untuk transfer uang ke bank yang berbeda.

Total ada 14 bank di indonesia yang bebas transfer antar bank jika menggunakan aplikasi Flip. Flip juga baru saja mengembangkan fitur Flip Globe yang membantu memudahkan transfer uang ke luar negeri dengan biaya yang relatif murah.

Layanan transfer Flip Limit transaksi sebesar Rp5 juta untuk reguler sedangkan untuk akun Flip+ bisa transfer hingga Rp20 juta. Cara mendaftarnya juga mudah. Cukup buka aplikasi Flip, masukkan nomor HP dan email, dan lakukan verifikasi. Berdasarkan data sesuai KTP.Untuk melakukan secara regular, dibutuhkan upload foto wajah dan KTP. 

2. OY! Indonesia 

OY! Indonesia merupakan aplikasi fintech yang berdiri sejak 2016 dan dikembangkan oleh anak bangsa. Untuk menggunakan OY Indonesia pengguna harus menghubungkan dengan rekening pribadinya. Ada batas minimum dan maksimum untuk gratis transfer, dari Rp100.000 hingga Rp5.000.000 setiap hari. Jika nominal transfer melebihi ketentuan itu maka akan dikenakan biaya admin sebesar Rp2.000 saja. Tentu lebih murah daripada biaya admin transfer bank.

3. DANA 

DANA merupakan salah satu ewallet yang memberikan fitur transfer ke rekening bank tanpa biaya admin. Untuk layanan bebas biaya admin, Dana memberikan 10x transfer gratis antar bank setiap bulannya. Setelah jatah transfer gratis maka ada dikenakan biaya admin Rp4.500 per transaksi, masih lebih murah daripada lewat ATM atau M-Banking. 

4. Gopay

Selain untuk pembayaran gojek, gofood, dan gosend, GoPay juga memberikan layanan transfer bagi pelanggan baru dua kali transfer antar bank gratis, dan pengguna saat ini satu transaksi gratis dalam 90 hari. Transfer selanjutnya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 2.500 per transfer.

5. LinkAja 

LinkAja juga memberlakukan minimal nominal transfer sebesar Rp10.000. Untuk bisa menikmati fiturnya, diwajibkan untuk verifikasi data diri terlebih dahulu menggunakan KTP ataupun SIM. Kekurangan dari aplikasi LinkAja adalah kita hanya bisa transfer uang antar bank secara gratis ke bank Himbara saja. Bank itu antara lain; BNI, BRI, BTN dan Bank Mandiri.

6. Neu

Neu adalah aplikasi finansial keluaran PT Neu Inklusi Keuangan yang bekerja di atas infrastruktur SAFECASH, sebuah layanan transfer dana milik PT Inklusi Keuangan Nusantara. Layanan ini telah mengantongi izin dari Bank Indonesia (BI) sejak 14 Agustus 2019 dengan nomor lisensi 21/253/Bd/8. Sementara PT Neu Inklusi Keuangan sudah terdaftar di Kominfo sejak 17 April 2020 sebagai penyelenggara sistem elektronik. Per 12 Oktober 2020 lalu, aplikasi Neu mendukung transfer gratis dari empat rekening sumber, yakni BCA, BRI, Mandiri, dan BNI.

copyright © cekfintech.id 2024