Dua Hal yang Ada di Fintech: Aman dan Nyaman!


Perusahaan-perusahaan fintech harus memberikan kepastian rasa aman dan nyaman bagi pengguna atau nasabahnya. Rasa aman merupakan kebutuhan untuk melindungi diri dari bahaya fisik maupun psikologis, sedangkan tingkat kenyamanan secara psikologis dapat dicapai dengan menciptakan kembali pengalaman yang terkait dengan kenangan yang menyenangkan. Dengan kata lain, rasa aman dan nyaman merupakan kebutuhan dasar manusia untuk merasa terlindungi dari bahaya, sekaligus merasa senang dengan pengalaman yang dijalani.

Prinsip bahwa fintech perlu menjamin rasa aman dan nyaman berarti produk dan layanan fintech menjamin penggunanya atau konsumennya merasa terlindungi dari ancaman bahaya, sekaligus mengalami pengalaman menyenangkan atas produk dan layanan tersebut. 

Jaminan keamanan dalam fintech merujuk pada kepercayaan pengguna atau konsumen dengan produk dan layanan fintech. Tidak ada unsur penipuan atau investasi bodong. Untuk itu, calon pengguna atau konsumen harus cermat dalam memilih layanan fintech agar terhindar dari penipuan. OJK menyediakan layanan cek fintech untuk mengetahui apakah perusahaan investasi itu benar atau bodong. OJK menyediakan list, info keberadaannya dan track recordnya.

Selain itu, perusahaan fintech perlu menjamin konsumen dari ancaman pencurian data pribadi, termasuk memastikan bahwa pengguna layanan telah melalui proses verifikasi yang benar. Penggunaan layanan identitas digital yang aman seperti tanda tangan elektronik (TTE) yang tersertifikasi diyakini sebagai solusi yang dapat meminimalisir peluang penyalahgunaan data pribadi karena mampu melakukan verifikasi data pengguna secara aman. Identitas digital yang aman dapat meningkatkan rasa aman dan kepercayaan masyarakat terhadap fintech.

Selain TTE, ada ragam pilihan teknik verifikasi yang bisa digunakan para perusahaan fintech, yaitu proses e-KYC (Know Your Customer) atau verifikasi data terhadap penggunanya menggunakan sistem verifikasi biometrik berdasarkan data kependudukan dan deteksi kehidupan (liveness detection).

Kemampuan memverifikasi data pengguna fintech, melakukan autentikasi dan tanda tangan secara digital, tidak hanya memberi rasa terlindungi saat bertransaksi secara digital, namun juga membantu pengguna berperilaku secara aman di dunia digital. 

Rasa aman ini menjadi krusial dalam ekosistem ekonomi digital yang bersifat nirbatas dan tanpa tatap muka secara fisik. Untuk itu, selain verifikasi data, perusahaan fintech perlu menjaga kepatuhan pada regulasi.

Selain rasa aman, fintech juga perlu menjamin terciptanya rasa nyaman. Rasa nyaman hadir melalui pengalaman menyenangkan konsumen dalam menggunakan produk dan layanan fintech. Prinsipnya, fintech memiliki kelebihan memberikan rasa nyaman, diantaranya layanan fintech menawarkan kemudahan. Sebagai contoh layanan Equity Crowdfunding yang menawarkan kemudahan untuk para pengusaha startup atau UKM dengan melakukan penggalangan dana berupa penyertaan modal tanpa terbebani oleh kewajiban utang serta pembayaran bunga, juga tidak berkewajiban memberikan agunan. 

Kemudahan lainnya yang menjadi ciri khas fintech, jika dibandingkan dengan layanan konvensional, adalah prosesnya yang berbasis 100% digital (online).

Rasa nyaman juga hadir melalui pilihan produk fintech yang tepat dan cepat untuk berbagai macam kebutuhan. Misalnya, layanan Market Comparison/Aggregator memiliki fungsi memberikan perbandingan antara satu produk finansial satu dengan lainnya, sekaligus sebagai financial planner karena dapat membandingkan antara produk keuangan dengan cara yang relatif lebih cepat dan tepat.

Rasa nyaman juga hadir ketika calon pengguna yang sebelumnya memiliki kesulitan akses keuangan, dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan. Misalnya, produk Peer-to-Peer (P2P) Lending yang berfungsi membantu konsumen memperoleh akses keuangan untuk memenuhi kebutuhan.

Selain itu, fintech juga memberikan pengalaman menyenangkan dalam memberikan kemudahan melakukan berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Seperti dalam sistem Digital payment, pembayaran transaksi di marketplace online, pembayaran pulsa, kartu kredit, token listrik, air dan lainnya menjadi mudah, cepat dan memungkinkan dilakukan dari mana saja sepanjang waktu. Contoh dari fintech ini adalah seperti OVO, ShopeePay, hingga Midtrans. 

Terpenuhinya rasa aman dan nyaman ini yang akan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan produk dan layanan fintech.

copyright © cekfintech.id 2024