Ini 6 Jurus Fintech Legal Yang Perlu Kamu Ketahui


Aspek kepercayaan dalam penggunaan produk dan layanan fintech menjadi bagian dari prinsip bagaimana menjadikan fintech yang aman dan nyaman bagi pengguna. Untuk itu aspek keamanan dan kenyamanan jadi tujuan yang perlu diperhatikan dalam setiap produk dan layanan fintech. 

Meski akses dan proses berlangsung secara online dan minim tatap muka, perusahan fintech justru perlu lebih cermat dan serius membuat strategi dalam meraih kepercayaan masyarakat. 

Ada beberapa strategi yang dilakukan perusahaan-perusahaan fintech untuk meraih kepercayaan masyarakat. Antara lain :

  1. Melakukan strategi promosi untuk memperkenalkan produk dan layanan kepada masyarakat. Promosi dirancang tidak untuk memberi kesan murah, tetapi memberikan kemudahan. Misalnya pemberian diskon, hadiah, dan sebagainya untuk membantu masyarakat tetap bisa menggunakan produk fintech secara terjangkau. Strategi promosi ini tidak dilakukan secara bombastis dan sewajarnya. Jika ada yang mengumbar promosi dengan iming-iming yang tak masuk akal, biasanya tidak dilakukan oleh perusahaan fintech  legal. 
  1. Melakukan strategi meningkatkan keamanan pengguna. Beberapa perusahaan fintech menjaga keamanan dengan proses verifikasi yang aman namun tidak menyulitkan. Karena verifikasi yang menyulitkan pengguna akan memberikan pengalaman kurang menyenangkan. Misal harus menggunakan password atau OTP berulang-ulang. Beberapa perusahaan memanfaatkan smart authentication.
  1. Menerapkan zero data sharing policy dalam penggunaan data pribadi pengguna untuk kebutuhan tertentu. Pada aspek ini, perusahaan fintech legal punya komitmen tinggi untuk memperkuat integritas internal perusahaan menjaga data pribadi pengguna sebaik mungkin agar tidak bocor.
  1. Mengikuti aturan atau regulasi yang ditetapkan regulator. Fintech legal selalu patuh terhadap aturan karena memiliki tanggung jawab dan kredibilitas dalam menjalani usaha bisnisnya. Misalnya, pastikan perusahaan memiliki izin dan terdaftar di OJK, serta mengikuti ketentuan lain yang ditetapkan regulator dengan baik.
  1. Melengkapi profil dan informasi perusahaan dengan jelas dan detail agar masyarakat dapat mengetahui segala informasi yang dapat membantu transaksi keuangan mereka. Jangan lupa, lihat juga apakah mencantumkan kontak perusahaan yang rinci agar pengguna mudah menghubungi. Kemudahan untuk berkomunikasi dan berinteraksi akan meningkatkan kepercayaan pengguna, oleh karena itu fintech legal selalu menyediakan informasi ini secara jelas. 
  1. Adanya review positif atas penggunaan produk dan layanan keuangan. Pasang testimoni para pengguna yang merasa puas dan terbantu dengan produk dan layanan perusahaan. 
copyright © cekfintech.id 2024